Jaring Generasi Qur’ani, Kecamatan Cibungbulang Gelar MTQ Ke 44

Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) di Kecamatan Cibungbulang

Kabarbogor.com – Cibungbulang || Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 44, Kecamatan Cibungbulang jaring Generasi Muda berasal dari 15 Desa, di ikuti 229 peserta dengan 8 kategori perlombaan.

Kegiatan di Aula Kantor dan Musholla Kecamatan Cibungbulang, Senin 05/09/22. Seperti di sebutkan Ketua Panitia Kegiatan Sekretaris Camat (Sekcam) Cibungbulang Agus Sutardi menyebutkan, peserta paling banyak berasal dari Desa Situilir.

Semua yang di pertandingkan ada 8, dengan 229 peserta yang tersebar di 3 mimbar, dengan penilai semua teknis di lakukan oleh juri.¬†Pesertanya sendiri berasal dari 15 desa, untuk peserta terbanyak dari Desa Situilir 32 orang,” katanya.

Hal itu di benarkan oleh salah satu tokoh Muda Situilir, sekaligus sebagai Ketua Karang Taruna Kecamatan Cibungbulang Sopian Sauri.

Mengingat Desa Situilir paling banyak pondok pesantren, jadi para generasi mudanya banyak yang ngobong pula. Oleh sebab itu jika kami memiliki peserta yang paling banyak. Kami bisa ikuti semua hal yang di lombakan dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan ini,” tegasnya.

Baca Juga:  Sekolah Tatap Muka di Kabupaten Bogor Mulai 1 September 2021

Sementara itu, Kepala Desa Situudik Mamat Sudin yang di dampingi Sekdes Mista, mengatakan dari Wilayahnya hanya mengutus 16 peserta dengan 6 jenis perlombaan MTQ.

Desa Situudik untuk peserta MTQ kita mengutus 16 orang, dari delapan jenis perlombaan MTQ, kami hanya mengikuti enam kegiatan. Yang daftar melalui desa ada 16 orang, ternyata ada banyak yang sudah daftar langsung ke kecamatan,” ungkapnya kepada media.

Beberapa Kategori Perlombaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an

Sementara Untuk Desa Galuga, hanya mengikuti 1 pertandingan MTQ yang di lombakan, untuk Qori kategori Remaja dan Dewasa.

Untuk Desa Galuga mengirimkan 2 qori dewasa dan remaja, mengikuti dua kegiatan atau perlombaan. Mudah-mudahan dengan adanya MTQ ini, remaja Galuga bisa tertarik ikut semua.” Kata Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Desa Galuga Ustadz Ade Sanusi.

Baca Juga:  Pentas Seni Musisi Muda Bogor Barat di Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022

Di tempat yang sama, Sekretaris MUI Kecamatan Cibungbulang Imam, berharap dengan adanya MTQ yang ke 44 dapat meningkatkan Qualitas Iman utamanya bagi Anak Muda.

“Untuk jumlah keseluruhan peserta kurang lebih ada dua ratusan orang, peserta dari semua perwakilan desa serta pesantren. Dengan adanya MTQ ini untuk meningkatkan kualitas taqwa dan mencari bakat-bakat yang ada bagi anak-anak muda,” pungkasnya.